Lontong Kupang

Kemarin aku bikin lontong kupang makanan khas Surabaya enak banget dingin2 gini makan yang pedes2 ini resep aku bikin sendiri tapi rasanya hhmmmm nyaam nyaam.........tapi sayang ada yang kurang.......sate kerang ama es degan.......gak sempat waktunya mefet banget sih soalnya dirumah ada acara kumpul2 kebanyakan semuanya orang jatim jadi ya kloop lah......pas waktu mo makan aku persis kayak orang jualan aja orang2 pada antri minta dilayani hehehe........kalau gak dilayani bisa2 lontong kupangnya ludes tinggal kuahnya aja kasihan yang datangnya telat.........ini deh resepnya kalau suka silakan coba aja dan tapi kalau yang gak tawar jangan coba2 makan ntar keracuan makanya sediain dulu es degan buat penawarnya ok..........



Bahan:
1 kg kupang, kukus, ambil kuahnya
3 buah lontong yang siap pakai

Bumbu:
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
2 btr kemiri
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar
3 lembar daun jeruk
2 ruas laos
2 ruas jahe
3 batang serai
garam dan gula secukupnya

Sambal:
25 buah cabai rawit, rebus
2 siung bawang putih, goreng
garam dan gula secukupnya

Petis:
250 gr petis udang
2 siung bawang putih goreng
garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

* Haluskan bumbu, kemudian tumis bersama daun jeruk, laos, jahe dan sere hingga harum.
* Kemudian masukkan kuah dari kukusan kupang tadi tumis hingga bumbu meresap, biarkan mendidih.
* Masukkan kupang rebus hingga matang, biarkan sebentar, angkat.

Sambal:
** Haluskan cabai rawit bersama bawang putih, garam dan gula, beris sedikit kuah kupang aduk hingga tercampur rata.

Petis:
** haluskan bawang putih goreng bersama sedikit garam dan gula, kumudian campur dengan petis udang, tuang air panas, aduk rata sampai petis benar2 tercampur.

Cara Penyajian:
***Ambil piring saji tuang 1/2 sdt sambal, 1 sdm petis campur jadi satu, aduk rata, beri potongan lontong kemudian siram dengan kupang tadi, sajikan.
* Bisa juga ditambahi dengan pelengkapnya sate kerang dan minumnya es degan.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

wuuuie uenakkk buanget makasih buat recepnya (<.>) :D

carpet mengatakan...

nice posting

bahwen mengatakan...

kembali kasih :)